Selasa, 31 Mei 2011

contoh RPP kls X smt 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 1

SEKOLAH : MA PPMI Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Mendengarkan : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B. KOMPETENSI DASAR :

Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita

· Pokok-pokok isi berita

· penangapan isi berita

D. INDIKATOR :

· Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

· Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas

· Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.

· Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.

· Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

· Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

§ Membentuk kelompok diskusi

Kegiatan Inti :

· Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh)

· Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat

· Menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian

· Mendiskusikan isi berita

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· radio/ tape

· televisi

· CD salinan berita atau kaset rekaman

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 2

SEKOLAH : MA PPMI Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Mendengarkan : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

B. KOMPETENSI DASAR :

Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam­an

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)

· unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)

· unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)

D. INDIKATOR :

· Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.).

· Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.

· Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.).

· Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman.

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.

· Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.

· Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Mendengarkan cerita daerah tertentu (Misalnya: Si Kabayan, Roro Jonggrang, Malin Kundang)*

· Mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik

· Menyampaikan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik

· Diskusi dan tanya jawab

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

Buku cerita/kaset

LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.

Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 3

SEKOLAH : MA PPMI Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Berbicara ; Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita.

B. KOMPETENSI DASAR :

Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi dengan intonasi yang tepat.

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi

· penggunaan sapaan

· penggunaan diksi

· penggunaan struktur kalimat

D. INDIKATOR :

· Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton

· Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat

· Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman

· Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator atau pembawa acara resmi atau tidak resmi) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton

· Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat dan sesuai dengan kondisi.

· Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman

· Memerbaiki pengucapan kalimat yang kurang sesuai

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Mengamati moderator atau pembawa acara dalam diskusi atau suatu kegiatan langsung atau tak langsung langsung (dilakukan di rumah, di kelas, atau di luar kelas)

· Berperan sebagai moderator atau pembawa acara untuk memperkenalkan diri sendiri dan pembicara dalam diskusi.

· Menanggapi kekurangan pada pengucapan kalimat perkenalan yang dilakukan oleh teman

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

§ Penugasan

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· buku teks yang terkait

· buku pendamping : (1) LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.

· Buku pendamping: (2) Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.

· media cetak/ elektronik/CD

· tuturan langsung

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 4

SEKOLAH : MA PPMI Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Berbicara : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

B. KOMPETENSI DASAR :

Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Cerita peng­alam­an (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.)

· penggunaan diksi (pilihan kata)

· penggunaan intonasi, jeda, dan ekspresi

D. INDIKATOR :

· Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat

· Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi berbagai pengalaman (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dan sebahainya) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.

· Menanggapi atau membahas pengalaman pribadi yang disampaikan oleh teman dengan bahasa yang santun dan efektif.

· Menuliskan pengalaman pribadi dengan menggunakan kalimat efektif.

F. METODE PEMBELAJARAN :

· Penugasan

· Diskusi

· Tanya Jawab

· Ceramah

· Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

§ Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.

Kegiatan Inti :

· Secara bergiliran siswa bercerita pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, atau mengharukan) dengan menggunakan:

o pilihan kata dan ekspresi secara tepat.

o Menggunakan kosakata sesuai dengan situasi dan konteks.

· Membahas pengalaman yang diceritakan

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· Buku cerita lucu/ kaset cerita

· Pengalaman langsung

· Buku pendamping : Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 5

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Membaca : Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca

B. KOMPETENSI DASAR :

Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit)

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Membaca cepat :

· teks nonsastra

· teknik membaca cepat

· rumus membaca cepat

· fungsi membaca cepat

D. INDIKATOR :

· Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit

· Menemukan ide pokok paragraf dalam teks

· Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit.

· Menemukan ide pokok dan ide penjelas paragraf dalam teks.

· Menentukan jenis paragraf dan wacana.

· Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut.

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit.

· Menemukan ide pokok paragraf dalam teks.

· Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut.

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi.

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

§ Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· Media massa/ koran/ majalah/ internet

· Buku yang berkaitan dengan budaya setempat

· Buku pendamping

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 6

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Membaca : Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca

B. KOMPETENSI DASAR :

Mengidentifikasi ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Teks nonsastra dari berbagai sumber:

· ide pokok tiap paragraf

· ide pokok dari berbagai sumber

· fakta dan opini

· ringkasan isi

D. INDIKATOR :

· Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf

· Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat

· Mengidentifikasi fakta dan pendapat

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Mengidentifikasi ide pokok dan ide penjelas tiap paragraf.

· Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat buatan sendiri.

· Mengidentifikasi serta membedakan fakta dan pendapat.

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membaca teks berita/ artikel tentang kesenian daerah.

· Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf.

· Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas.

· Mendiskusikan ide pokok dan ringkasan isi.

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

§ Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

§ media massa/ koran/ majalah/ internet

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 7

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Menulis : Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

B. KOMPETENSI DASAR :

Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Paragraf naratif:

· contoh paragraf naratif

· pola pengembangan paragraf naratif (urutan waktu, tempat)

· ciri/ karakteristik paragraf naratif

· kerangka paragraf naratif

· penggunaan kata ulang dalam paragraf naratif

D. INDIKATOR :

· Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif

· Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa

· Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif

· Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD

· Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif.

· Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa.

· Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif.

· Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD

· Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif.

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

§ Guru mencontohkan paragraf dan ciri-ciri paragraf naratif.

Kegiatan Inti :

· Membaca paragraf naratif.

· Mengidentifikasi struktur paragraf naratif

· Menulis paragraf naratif

· Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif

· Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman

· Mendiskusikan paragraf naratif

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

§ Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· buku teks yang terkait dengan naratif: Deskripsi dan Narasi, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa Indah.

· Buku Ejaan Yang Disempurnakan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Balai Pustaka.

· Rangkuman Bahasa dan Sastra Indonesia, Wisnu Sujianto dan Dwi haryanti, Sukoharjo: Yay. Ranafaza.

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 8

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Menulis : Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

B. KOMPETENSI DASAR :

Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Paragraf deskriptif:

· contoh paragraf deskriptif

· pola pengembangan paragraf deskripsi

· ciri/ karakteristik

· paragraf deskriptif

· Kerangka paragraf deskriptif

· contoh penggunaan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif

D. INDIKATOR :

· Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan

· Menyusun kerangka paragraf deskriptif

· Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif

· Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif

· Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan

· Menyusun kerangka paragraf deskriptif

· Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif

· Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif

· Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membaca paragraf deskripsi

· Mengidentifikasi karakteristik paragraf deskriptif

· Menulis paragraf deskriptif

· Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif

· Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis teman

· Mendiskusikan paragraf deskriptif

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· Deskripsi dan Narasi, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa Indah.

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 9

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Menulis : Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

B. KOMPETENSI DASAR :

Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Paragraf Eksposisi:

· contoh paragraf ekspositif

· pola pengembangan paragraf ekspositif

· contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif

· penggunaan kata penghubung dalam paragraf

D. INDIKATOR :

· Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif

· Menyusun kerangka paragraf ekspositif

· Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat

· Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif

· Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif

· Menyusun kerangka paragraf ekspositif

· Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat

· Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif

· Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membaca paragraf ekspositif

· Mengidentifikasi karekteristik paragraf ekspositif

· Menulis paragraf ekspositif dengan menggunakan kata penghubung yang tepat

· Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif

· Menyunting paragraf ekspositif yang ditulis teman

· Mendiskusikan paragraf eksposistif

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

§ Penugasan

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

Gorys Keraf, Eksposisi, Nusa Indah: Ende-Folres. 2000

Wisnu Sujianto, Rangkuman Bahasa dan Sastra Indonesia, Yay. Ranafaza, Sukoharjo, 2004

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 10

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Mendengarkan : Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung

B. KOMPETENSI DASAR :

Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Rekaman puisi atau pembacaan langsung :

· majas,

· irama

· kata-kata konotasi

· Kata-kata bermakna

· lambang

D. INDIKATOR :

· Mengidentifikasi (majas, rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)

· Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan

· Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Mengidentifikasi majas/gaya bahasa yang dipergunakan oleh penyair.

· Mengidentifikasi rima atau persajakan akhir.

· Mengidentifikasi kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang.

· Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan

· Mengartikan kata-kata berkonotasi dan makna lambang

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Mendengarkan pembacaan puisi “Blues untuk Bonnie” karya Rendra.

· Mendiskusikan unsur-unsur bentuk puisi tersebut.

· Melaporkan hasil diskusi.

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

§ Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· Rekaman pembacaan puisi Ballada Orang-orang Tercinta, Rendra.

· Tuturan/Pembacaan langsung

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 11

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Mendengarkan : Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung

B. KOMPETENSI DASAR :

Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Rekaman puisi yang berjenis tertentu atau yang dibacakan :

· jenis puisi

· isi puisi

· tema

· maksud puisi

D. INDIKATOR :

· Menyebutkan tema puisi yang didengar

· Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, dan satire)

· Menjelaskan maksud puisi

· Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Menyebutkan tema puisi yang didengar.

· Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada, elegi, roman, ode, himne, dan satire).

· Menjelaskan maksud puisi.

· Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri.

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

§ Guru mendeskripsikan jenis-jenis puisi.

Kegiatan Inti :

· Mendengarkan puisi

· Mengidentifikasi jenis puisi

· Mendiskusikan isi puisi

· Melaporkan hasil diskusi

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· rekaman puisi/ tape

· puisi yang dibacakan

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 12

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Berbicara : Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi

B. KOMPETENSI DASAR :

Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Naskah cerita pendek :

· isi cerpen

· hal yang menarik

· unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)

· penggunaan kalimat langsung/ tidak langsung

D. INDIKATOR :

· Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri

· Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan

· Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca.

· Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung dalam cerpen

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca, baik oleh dirinya sendiri maupun temannya dengan kalimat sendiri.

· Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan yang terdapat dalam cerpen yang dibaca.

· Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar, amanat) cerita pendek yang dibaca.

· Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung yang terdapat di dalam cerpen

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membaca cerita pendek

· Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri

· Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari karya tersebut

· Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat) cerita pendek yang dibaca

· Melaporkan hasil diskusi

· Mengidentifikasi kalimat langsung dan tidak langsung

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· buku kumpulan cerpen: Tegak Lurus dengan Langit, Iwan Simatupang.

· media massa/ internet: Cybersastra.com, Kompas online

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala …….……………. Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 13

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Berbicara : Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi

B. KOMPETENSI DASAR :

Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Naskah cerita pendek

· nilai budaya

· nilai moral

· nilai agama

· nilai politik

D. INDIKATOR :

· Menemukan nilai-nilai dalam cerpen

· Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari

· Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Menemukan nilai-nilai dalam cerpen

· Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari

· Mendiskusikan nilai-nilai sosial dan budaya yang terdapat dalam cerpen

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membaca cerita pendek

· Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen

Melaporkan hasil diskusi

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· buku kumpulan cerpen : Malam Terakhir, Leila S. Chudori, Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Sekolah Dasar dan Menengah

· media massa/ internet: cybersastra.com.

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 14

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Membaca : Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen

B. KOMPETENSI DASAR :

Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Puisi :

· lafal

· tekanan

· intonasi

· jeda

· pemenggalan kata, frasa

D. INDIKATOR :

· Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.

· Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi.

· Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat.

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, ekspresi dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.

· Membaca puisi dengan menempatkan jeda yang tepat.

· Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi.

· Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat.

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membacakan puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi

· Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi

· Memberi saran perbaikan pembacaan puisi yang kurang tepat

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· buku kumpulan puisi : Ballada Orang-orang Tercinta, Potret Puisi dalam Pembangunan, Rendra.

· internet : cybersastra.com

§ media massa: Solopos, Republika.

§ Puisi buatan siswa

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja, S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 15

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Membaca : Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen

B. KOMPETENSI DASAR :

Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Naskah cerpen : unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat)

D. INDIKATOR :

· Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca

· Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca

· Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membaca cerpen

· Mengidentifikasi unsur-unsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca

· Mengaitkan unsur intrinsik (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

§ Penugasan.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· Buku kumpulan cerpen : Sri Sumarah dan Bawuk

· media massa : Jawa Pos, Solopos, Republika, Kompas

· internet: rumahku.org.id

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Raahrdja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 16

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Menulis : Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi

B. KOMPETENSI DASAR :

Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Contoh puisi lama (pantun, syair)

· bait

· irama

· rima

· perbedaan pantun dengan syair

D. INDIKATOR :

· Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima

· Membedakan bentuk pantun dan syair

· Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima

· Menentukan ciri-ciri pantun dan syair

· Membedakan bentuk pantun dan syair

· Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membaca puisi lama (pantun, syair)

· Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima

· Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi lama (pantun/ syair) yang dibuat teman

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· buku kumpulan puisi lama : Syair Bibasari, Syair Si Pelanduk Jenaka

· Internet/ media massa : berbalas pantun.com

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Raahrdja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor 17

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 1

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

A. STANDAR KOMPETENSI :

Menulis : Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi

B. KOMPETENSI DASAR :

Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

C. MATERI PEMBELAJARAN :

Contoh puisi baru :

· ciri-ciri puisi baru

· bait

· rima

· irama

D. INDIKATOR :

· Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima

· Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi baru yang dibuat teman

E. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

· Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima

· Menulis puisi baru dengan memerhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi baru yang dibuat teman

F. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Ceramah

§ Demonstrasi

G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

· Membaca puisi baru

· Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima

· Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima

· Menyunting puisi baru yang dibuat teman

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

H. ALOKASI WAKTU :

4 x 40 menit

I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

· buku kumpulan puisi

· internet/

media massa

J. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala MA PPMI Assalaam Guru Mata Pelajaran,

Sigit Rahardja,S.Si Drs. Wisnu Sujianto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nomor

SEKOLAH : SMA/MA Assalaam - Sukoharjo

MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia

KELAS : X

SEMESTER : 2

TAHUN PELAJARAN : 2007/2008

K. STANDAR KOMPETENSI :

L. KOMPETENSI DASAR :

M. MATERI PEMBELAJARAN :

N. INDIKATOR :

O. TUJUAN PEMBELAJARAN :

Siswa dapat:

P. METODE PEMBELAJARAN :

§ Penugasan

§ Diskusi

§ Tanya Jawab

§ Unjuk kerja

§ Ceramah

§ Demonstrasi

Q. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

Kegiatan Awal :

§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti :

Kegiatan Akhir :

§ Refleksi

§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

R. ALOKASI WAKTU :

x 40 menit

S. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :

§ .

T. PENILAIAN :

Jenis Tagihan:

§ tugas individu

§ ulangan

Bentuk Instrumen:

§ uraian bebas

§ pilihan ganda

§ jawaban singkat

Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007

Kepala …….……………. Guru Mata Pelajaran,

____________________ Drs. Wisnu Sujianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar